akuntansi - kasus & solusi

kumpulan soal-jawab akuntansi

Rahmawati adalah seorang controller yang belum lama ini mendapatkan tugas untuk mengimplementasikan sistem manajemen biaya yang lebih canggih. Sebagai bagian dari proses implementasi sistem baru itu, dia perlu mengidentifikasi driver-driver aktivitas yang sesuai dengan perusahaan tempatnya bekerja. Dalam empat bulan terakhir, Rahmawati mengidentifikasi aktivitas-aktivitas di perusahaannya, kos-kos terkait aktivitas-aktivitas itu, serta driver-driver yang mungkin digunakan untuk setiap kos aktivitas.

Mula-mula, Rahmawati memilih aktivitas menggunakan judgement-nya sendiri berdasarkan pengalaman dan masukan dari para karyawan pelaksana aktivitas. Selanjutnya, dia menggunakan analisis regresi untuk mengkonfirmasi judgement-nya itu.

Rahmawati ingin menggunakan satu driver untuk setiap aktivitas dengan R2 sekurang-kurangnya 80%. Multiple regression akan digunakan jika dari driver tunggal tidak diperoleh R2 sebesar 80%. Sebagai contoh, aktivitas menginspeksi barang jadi menghasilkan R2 kurang dari 80% untuk setiap driver tunggal yang diujicobakan. Rahmawati yakin bahwa untuk aktivitas menginspeksi barang jadi itu, cost formula yang lebih baik dapat dikembangkan dengan menggunakan lebih dari satu driver, misalnya jumlah batch dan jumlah jam inspeksi.

Data yang dikumpulkan untuk jangka waktu 14 bulan disajikan sebagai berikut:

Multiple regression, reliability of cost formula

Instruksi

  1. Buatlah cost formula untuk inspection cost dengan menggunakan dua driver, inspection hours dan number of batches. Apakah kedua driver itu dapat digunakan? Berapakah R2 terkait formula yang diperoleh?
  2. Dengan menggunakan formula yang dihasilkan dari butir 1, hitunglah kos inspeksi jika jam inspeksi yang digunakan 300 dan jumlah batch yang diproduksi 30. Buatlah interval konfidensi 90% untuk prediksi ini.
Solusi
Printout regresi:




1) Cost forY = $5,289 + $56X1 + $429X2mula yang dihasilkan adalah:
Y = $5,289 + $56X1 + $429X2
2) Kos inspeksi jika jam inspeksi yang digunakan 300 dan jumlah batch yang diproduksi 30: Y = $5,289 + $56X1 + $429X2   = $5,289 + $56(300) + $429(30)   = $34,959

0 comments:

Posting Komentar