akuntansi - kasus & solusi

kumpulan soal-jawab akuntansi

Cushing Medical Clinic memiliki unit perawatan jantung dan unit persalinan. Administrator klinik itu, Ned Carson, sedang menelaah beban yang dikenakan kepada pasien di unit perawatan jantung. Selama ini, untuk layanan rawat inap pasien jantung dibebani tarif per hari pasien yang sama. Layanan rawat inap secara luas mencakup penyediaan hunian, pemberian makan, dan perawatan.

Akan tetapi, penelitian yang belum lama ini dilakukan mengungkapkan beberapa temuan yang menarik. Pertama, kebutuhan pasien rawat inap bervariasi, tergantung kepada parahnya kasus yang dihadapi. Kedua, aktivitas penyediaan hunian merupakan gabungan dari dua aktivitas: penyediaan penginapan dan penggunaan perlengkapan pemantau. Karena sebagian pasien memerlukan pemantauan ekstra dibandingkan pasien-pasien lainnya, aktivitas ini harus dipisahkan. Ketiga, tarif harian harus mencerminkan perbedaan kebutuhan yang diakibatkan oleh perbedaan tipe pasien.

Pemisahan aktivitas penyediaan hunian menjadi dua aktivitas tersendiri juga mengharuskan penghitungan kos masing-masing aktivitas. Penghitungan kos aktivitas pemantauan relatif mudah karena item-item kos itu dapat ditelusuri secara langsung ke pasien. Akan tetapi, kos penyediaan penginapan dikonsumsi secara bersama-sama, baik oleh pasien unit perawatan jantung maupun pasien unit persalinan. Kos penyediaan penginapan total untuk kedua unit itu adalah $3,800,000 per tahun, yang mencakup depresiasi bangunan, pemeliharaan bangunan, dan utilitas bangunan. Masing-masing unit perawatan menempati lantai terpisah yang luasnya 20,000 meter persegi. Carson telah menetapkan bahwa kos penyediaan penginapan dikaitkan dengan masing-masing unit berdasarkan luas lantai yang ditempati.

Untuk menghitung tarif harian yang mencerminkan perbedaan kebutuhan, pasien dikelompokkan ke dalam tiga kategori berdasarkan parahnya kasus mereka. Data selama setahun telah dikumpulkan sebagaimana disajikan berikut ini.

2009101601

Kebutuhan terkait tingkat keparahan kasus pasien juga tersedia sebagai berikut:

2009101602

Instruksi

  1. Misalkan kos layanan rawat inap dihitung hanya dengan menggunakan hari pasien sebagai ukuran aktivitasnya (yang juga adalah ukuran output), hitunglah tarif harian dengan menggunakan metode penghitungan kos berbasis fungsional.
  2. Hitunglah tarif aktivitas dengan menggunakan ukuran output aktivitas yang diberikan dalam kasus di atas (gabungkan aktivitas-aktivitas yang ukuran outputnya sama).
  3. Hitunglah beban per hari pasien untuk masing-masing tipe pasien dengan menggunakan tarif aktivitas yang dihitung dari instruksi 2 serta kebutuhan pasien atas masing-masing aktivitas.

Solusi

1) Tarif harian

Tarif harian = $6,600,000/15,000 = $440 per day

2) Tarif aktivitas

Rate 1:
Penginapan & makan: $2,200,000/15,000 = $146.67/patient day

Rate 2:
Pemantauan: $1,400,000/20,000 = $70/hour

Rate 3:
Perawatan: $3,000,000/150,000 = $20/hour of nursing care

3) Tarif harian menurut tipe pasien

2009101603

0 comments:

Posting Komentar