akuntansi - kasus & solusi

kumpulan soal-jawab akuntansi

PT Jaya Sejati menerbitkan obligasi dengan nilai nominal Rp2.000.000.000, jangka waktu 5 tahun, dan bunga 8% yang akan dibayarkan setiap 6 bulan. Tingkat bunga kredit yang efektif pada saat penerbitan obligasi tersebut adalah 10% dan PT Jaya Sejati berhasil memperoleh dana sebesar Rp1.845.536.000.

Instruksi

1) Buatlah ayat jurnal yang diperlukan pada tanggal pembayaran bunga pertama dan kedua, jika amortisasi premium/discount juga dilakukan pada tanggal pembayaran bunga dengan menggunakan (a) metode garis lurus dan (b) metode bunga efektif.

2) Buatlah ayat jurnal yang diperlukan di pihak investor (pemegang obligasi) pada tanggal penerimaan bunga pertama dan kedua, jika amoritisasi premium/discount juga dilakukan pada tanggal penerimaan bunga dengan menggunakan metode garis lurus dan hanya satu pihak saja yang memegang seluruh obligasi yang diterbitkan oleh PT Jaya Sejati.

3) Jika penerbitan obligasi dilakukan pada saat tingkat bunga efektif 6% dan PT Jaya Sejati memperoleh dana Rp2.170.616.000, buatlah ayat jurnal yang diperlukan di pihak PT Jaya Sejati pada tanggal pembayaran bunga pertama dan kedua, dengan asumsi amortisasi premium/discount dilakukan pada tanggal pembayaran bunga dengan menggunakan (a) metode garis lurus dan (b) metode bunga efektif.

Solusi








Versi cetak (PDF)

0 comments:

Posting Komentar