akuntansi - kasus & solusi

kumpulan soal-jawab akuntansi

Transaksi-transaksi berikut terjadi di Klinik Melati selama bulan September. Dokter Melati adalah pemilik sekaligus penyedia jasa kepada para pasiennya.

  • 1 Septtember: Dokter Melati memutuskan untuk membuka praktik perawatan dan pengobatan gigi dan telah menginvestasikan uang tunai senilai Rp20.000.000.
  • 2 Septtember: Membeli peralatan medis untuk mendukung praktiknya dari PT Inti Medika seharga Rp17.280.000 secara kredit.
  • 4 Septtember: Membayar sewa kantor untuk bulan September sebesar Rp680.000.
  • 4 Septtember: Mempekerjakan Anita sebagai resepsionis.
  • 5 Septtember: Membeli perlengkapan habis pakai untuk mendukung praktiknya seharga Rp942.000 tunai.
  • 8 Septtember: Menerima uang tunai senilai Rp1.690.000 dari para pasien atas jasa medis yang telah diberikan.
  • 10 Septtember: Membayar beban kantor rupa-rupa sebesar Rp430.000.
  • 14 Septtember: Menerbitkan faktur tagihan atas jasa medis yang telah diberikan kepada pasien senilai Rp5.120.000.
  • 18 Septtember: Membayar sebagian jumlah terutang kepada PT Inti Medika sebesar Rp3.600.000.
  • 19 Septtember: Dokter Melati menarik uang tunai senilai Rp3.000.000 untuk digunakannya secara pribadi.
  • 20 Septtember: Menerima uang tunai senilai Rp980.000 dari pasien sebagai pembayaran sebagian nilai faktur tagihan yang telah diterbitkan sebelumnya.
  • 25 September: Menerbitkan faktur tagihan senilai Rp2.110.000 kepada para pasien atas jasa medis yang telah diberikan.
  • 30 September: Membayar tunai beban-beban berikut: gaji kantor Rp1.400.000, beban kantor rupa-rupa Rp85.000.
  • 30 September: Perlengkapan habis pakai yang digunakan selama bulan Septermber senilai Rp330.000.
Instruksi
a) Masukkan transaksi-transaksi di atas secara langsung ke dalam akun-akun buku besar yang semestinya. Siapkan buku besar dengan akun bentuk T sebagai berikut: Kas, Piutang Usaha, Perlengkapan Habis Pakai, Peralatan Medis, Akumulasi Depresiasi, Utang Usaha, Modal Dokter Melati, Pendapatan Jasa, Beban Sewa, Beban Kantor Rupa-Rupa, Beban Gaji Kantor, Beban Perlengkapan Habis Pakai, Beban Depresiasi, dan Ikhtisar Laba-Rugi.
c) Buatlah laporan laba-rugi, neraca, dan laporan ekuitas pemilik.
d) Lakukan penutupan buku besar.
e) Susunlah neraca saldo setelah penutupan.

Solusi









































0 comments:

Poskan Komentar